19 Mei 2015

Status Gizi Indonesia Tidak Lebih Baik dari Afrika ??



“Status Gizi Indonesia Lebih Buruk dari Beberapa Negara Afrika”
Kalimat diatas merupakan headline berita salah satu portal online yang iseng saya buka pagi ini. Iyakah seperti itu ? miris sekali rasanya. Ada tiga masalah gizi pokok yang dialami oleh negara Indonesia saat ini menurut isi berita itu yang didapatkan dari pendapat seorang guru besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Endang Lestari Achadi yaitu stunting (pendek/cebol), wasting (terlalu kurus), dan overweight (kegemukan). Yang saya tangkap, entah masalah yang mana dari ketiga masalah diatas yang bisa dibandingkan dengan beberapa negara Afrika seperti judul yang dituliskan. Hmmmm. Apa semuanya ya. 
 "Indonesia termasuk 17 negara paling dengan kesehatan jelek dengan prevalensi tiga masalah kesehatan. Bahkan lebih buruk dibandingkan beberapa negara di Afrika Selatan dan Asia Selatan," kata Endang, dalam dialog kebangsaan bertajuk Kesehatan Ibu & Anak: Strategi Merawat Indonesia, di PB IDI Jakarta Pusat, Selasa (19/5/2015).

  1. Stunting. Masalah stunting (pendek/cebol) seringkali terjadi akibat nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil tak dipenuhi. Kekurangan gizi dan zat besi pada ibu hamil menjadi masalah serius dalam menyumbang buruknya status gizi yang dialami anak di awal pertumbuhannya. Kekurangan nutrisi membuat pertumbuhan anak tak berkembang maksimal, terutama pada tinggi badan. Anak yang mengalami stunting tinggi badannya tak bisa berkembang secara maksimal layaknya tinggi badan untuk anak seumurannya.
  2.  Wasting.
  3.  Overweight.
Menurut Endang juga, banyaknya industri makanan dan makanan instan membuat kebanyakan orang tua tak memberikan nutrisi cukup kepada anak dan lebih memilih makanan instan yang lebih murah dan mudah dibandingkan harus menyediakan sayur dan buah dengan nutrisi karbohidrat dan protein cukup

Sumber : Metrotvnews.com

1 komentar:

  1. Ford Fusion Titanium for sale - Titanium Art
    Ford Fusion Titanium for sale. From titanium nail the makers titanium properties of the original Sega Genesis and its successor microtouch titanium 16bit gaming console, the samsung watch 3 titanium Genesis has made a name for titanium dab tool itself.

    BalasHapus